Bagaimana Susahnya Kuliah di Luar Negeri

Sekolah di negeri seberang akhir-akhir ini menjadi impian banyak orang di Indonesia, terlebih saat banyaknya kesempatan untuk mendapatkan beasiswa. Namun, tidak seperti kelihatannya,  belajar atau sekolah di luar negeri juga menyimpan kesulitan-kesulitan.

Hal pertama yang biasa dihadapi mahasiswa di rantau adalah tidak ada kegiatan, yang otomatis jadi banyak nganggur. Belum bertemu teman yang banyak sehingga banyak waktu habis untuk sendiri. Hal ini juga berdasar pengalaman dari temen yang sama-sama mulai kuliah ini. Terlebih jika belum dapat koneksi internet, yang otomatis susah berkomunikasi dengan dunia luar. Tapi biasanya dengan berjalannya waktu, bertambahnya teman, bermunculannya banyak kegiatan, masalah ini akan hilang dengan sendirinya.

Masalah lain adalah kendala bahasa yang akan menjadi masalah besar jika negara tujuan bukan negara berbahasa Inggris. Tidak semua penduduk negara non-native bisa berbahasa Inggris dengan baik. Tapi ada hikmah di balik problema ini, karena biasanya setelah pulang ke negara asal, si mahasiswa bisa berbahasa negara tersebut, walaupun terbata-bata.

Lingkungan dan budaya yang sama sekali baru juga bisa menimbulkan masalah pada awalnya. Namun sebenarnya ini adalah keasikan tersendiri, untuk mengenal budaya baru, dan mahasiswa bisa belajar banyak dari itu.

Masalah yang terpenting bagi orang Indonesia, adalah makanan. Acap kali masakan di negara tujuan tidak cocok dengan selera khas lidah masyarakat Indonesia. Di toko-toko pun, bisa jadi sulit ditemukan bumbu masakan khas Indonesia. Tetapi biasanya, di toko bahan makanan impor, dapat dengan mudah bumbu-bumbu khas Indonesia dan bahkan mie instan khas Indonesia. Bagi muslim, perlu ekstra hati-hati untuk membeli makanan karena di negara asing yang mayoritas bukan muslim, biasanya tidak ada sertifikasi halal. Untuk mendapatkan bahan makanan halal, biasanya dapat ditemui di toko-toko timur tengah yang menjual daging halal.

Sebenarnya masih banyak kendala lain yang akan dihadapi oleh mahasiswa di negeri orang. Pada initinya, nikmati saja, lama-lama akan terbiasa. Semua itu butuh proses.

18. March 2015 by gdputra
Categories: Artikel | Comments Off on Bagaimana Susahnya Kuliah di Luar Negeri