Tips Aman Berbelanja Online

Karena berbelanja online menawarkan banyak kemudahan, penipuan marak di situs jual beli online. Berbelanja online akan lebih nyaman dan aman jika kita tahu tips dan trik untuk menghindarinya. Berikut saya sarikan empat (4) tips aman dari pengalaman pribadi saya.

1. Cek Harga dan Keterangan Produk

Penipu biasanya memancing perhatian dengan cara menawarkan harga yang (sangat) murah. Sebelum membeli, bandingkan harga dengan produk lain yang serupa. Selain itu, lihat rating produk dan komentar. Produk yang bermasalah memiliki komentar negatif.

2. Cek Identitas Seller

Cek kapan seller bergabung di situs jual beli. Penipu biasanya menggunakan akun yang baru saja didaftarkan, bisa dalam satu atau dua bulan terakhir. Cek juga reputasi seller dengan melihat rating dan membaca komentar-komentar dari pelanggannya. Curigai seller yang baru bergabung dan tidak memiliki komentar dari pelanggan sama sekali!!

3. Hindari Komunikasi via Whatsapp

Penipu biasanya mengajak untuk meneruskan komunikasi via Whatsapp atau aplikasi lain di luar situs jual beli. Hal ini untuk menghindari agar jejak komunikasi tidak terlacak oleh situs jual beli. Pastikan setiap komunikasi selalu dilakukan via fasilitas chat di situs jual beli. Jangan mau jika diajak pindah ke Whatsapp atau sejenisnya! Curigai juga seller yang seperti ini!!

4. Hindari Transfer Langsung ke Rekening Seller

Penipu biasanya meminta transfer uang langsung ke rekening pribadinya. Jika uang sudah masuk, penipu tidak mengirim barang yang dijanjikan. Lain jika pembayaran via situs jual beli, uang akan diteruskan ke rekening seller jika barang sudah diterima oleh pembeli. Jauh lebih aman.

Jika anda sangat terpaksa harus mentransfer uang ke rekening seller. Cek dahulu apakah rekening tersebut bermasalah!! Bisa dengan situs Kredibel.co.id, atau CekRekening.id dari Kementerian Kominfo.


Untuk membuat transaksi di Internet makin aman, saya berikan bonus tips:

Jaga Kerahasiaan Data Pribadi Anda

Saya pernah menjadi korban pencurian identitas (baca selengkapnya di sini), saran saya, hati-hati dalam mengunggah foto dan data pribadi anda. Jangan mengunggah data-data penting seperti KTP (NIK), KK, nama ibu kandung, nomor telepon, alamat, slip gaji, dan lain-lain di situs apapun jika tidak terpaksa. Jika perlu, jaga privasi anda dengan protect akun Twitter dan Instagram anda.

Segera Laporkan ke Pihak Terkait Jika Sesuatu Dirasa Janggal

Agar tidak memakan korban lebih banyak dan uang anda bisa segera kembali, segera laporkan ke pihak terkait, seperti situs jual beli, Bank anda dan penjual (via call-center atau kantor cabang), situs Kredibel.co.id dan CekRekening.id, atau bahkan buat laporan di Kantor Polisi terdekat.

Sekian tips dan trik dari saya. Jika para pembaca sekalian mempunyai komentar atau trik yang lain, silakan tambahkan di kolom komentar. Selamat berbelanja Online!

13. August 2019 by gdputra
Categories: Artikel, Tips dan Triks | Tags: , , , , , , , | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *